Monday, October 10, 2011

GAPKI Keluar dari RSPO



Jakarta – Menjelang Oktober 2011, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) secara resmi mengundurkan diri dari keanggotaan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Dalam Pres Release dijelaskan,pengunduran Gapki dilatarbelakangi oleh kemitmen Gapki dalam mendukung Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) sebagai platform berkelanjutan yang bersifat mandatori dari pemerintah indonesia.

Kedepan, Gapki tetap memberikan keleluasaan dan kebebasan kepada anggotanya untuk tetap menjadi anggota RSPO, namun Gapki juga akan mewajibkan kepada anggotanya untuk mengikuti dan mematuhi ISPO.

Menanggapi pengunduran Gapki dari RSPO, ketua Forum Pengembangan Perkebunan Strategis berkelanjutan (FP2SB), Achmad Mangga Barani menuturkan, keputusan yang diambil Gapki bukanlah keputusan yang tiba-tiba, tetapi sudah melalui proses diskusi dan pertemuan kurang lebih dua tahun bersama Malaysia dalam memperjuangkan kepentingan produsen sawit di RSPO.

“Namun demikian, proses tersebut tidak mendapatkan tanggapan yang positif dari RSPO, karena keputusan diambil atas dasar voting, sementara jumlah anggota RSPO didominasi industri dan konsumen,” ungkap Mangga Barani dalam siaran pers FP2SB awal Oktober 2011. (Ya’cob)
Dikutip dari http://www.infosawit.com)

No comments:

Post a Comment