Monday, October 10, 2011

RI-Brasil Sepakati 6 Agenda Kerjasama Kelapa Sawit



JAKARTA- Sidang Consultative Comitee on Agriculture ke-5 antara Indonesia- Brasil berhasil menyepakati enam agenda yang tertuang dalam Minute of Meeting.

Seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Pertanian Minggu (05/06/2011), Minute of Meeting ini menyepakati enam agenda yaitu segera direalisasikannya kerjasama kelapa sawit diantara kedua belah pihak melalui focal point lewat saluran diplomatik. Kedua belah pihak juga tertarik untuk bekerjasama secara teknik dalam Production Technology, Exchange Technology, Adoption Technology of new variety, Improvement of Acid Soil, Land Preparation, Post Harvest and Marketing.

"Selain itu, Brasil juga bisa mengekspor bebek dan kalkun ke Indonesia setelah melalui kajian Pest Risk Analisis (PRA). Indonesia juga menginginkan pertukaran informasi untuk bisa melakukan ekspor salak, manggis, mangga dan alpukat dan Brazil ingin mengimpor apel, anggur, melon, jeruk dan mangga," tulis laporan tersebut.

Indonesia juga menginginkan kerjasama ethanol atau sugarcane khususnya bioethanol industry in policy program and technical cooperation, dan Collaboration on research and variety improvement. Kedua belah pihak juga sepakat untuk segera menandatangani MoU antara Kementerian Pertanian dan The Brazilian Agricultural Research Corporations Mission (EMBRAPA).

Sebagai informasi, sidang CCA ke-5 antara Indonesia-Brasil dilaksanakan akhir Mei lalu di medan Sumatera Utara. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Kerjasama Internasional, Bapak Prof Dr. Tahlim Sudaryanto, dan Delegasi Brasil dipimpin oleh Direktur Negosiasi Sanitary dan Phito Sanitary Kementerian Pertanian, Peternakan dan ketersediaan Pangan Brasil, Mr. Otavio Cancado.

Pertemuan CCA ke-5 ini membahas issue kelapa sawit, kedelai, buah-buahan dan perkarantinaan, livestock, Sugarcane, dan MOU Kementerian Pertanian dengan EMBRAPA, serta Draft Technical Cooperation Projects (TCPs), kelapa sawit dan sugarcane.
(and)
(diktip dari www.okezone.com)

No comments:

Post a Comment